Senin, 07 November 2011

MATERI KKPI 05 - 11 - 11

CARA MEMBUAT TABEL DI MS.WORD

1. Buka ms.word dengan cara :
  • Klik Start, All programs , microsoft office, kemudian klik microsoft word
(klik gambar untuk memperbesar)
2. Klik Insert kemudian Table lalu Insert Table kemudian terdapat beberapa pilihan
    Number of columns : Jumlah kolom yang ingin kita buat
    Number of rows       : Jumlah baris yang ingin kita buat
    lalu klik OK
(klik gambar untuk memperbesar)

3. Kemudian Pada Table Tools terdapat tab Design yang berfungsi untuk merubah tampilan tabel
    pada table styles  terdapat banyak pilihan untuk merubah tampilan tabel seperti gambar dibawah ini
(klik gambar untuk memperbesar)

4. Lalu di Table Tools juga terdapat tab layout terdapat tab Rows & Columns yang memiliki beberapa  fungsi

    Delete             : mengahpus tabel yang diinginkan
    Insert Above  : untuk menyisipkan baris baru di sebelah atas sel
    Insert Below   : untuk menyisipkan baris baru di sebelah bawah sel
    Insert Left      : untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kiri sel
    Insert Right    : untuk menyisipkan kolom baru di sebelah kanan sel

(klik gambar untuk memperbesar)

5. Kemudian tardapat tab Merge yang memiliki beberapa  fungsi
    Split Cells : membagi sebuah sel menjadi beberapa kolom / baris seperti yang kita inginkan
(klik gambar untuk memperbesar)
 
6. Juga terdapat tab Cell Size yang berfungsi untuk merubah ukuran sel
    Height : untuk merubah tinggi sel
   Width    : untuk merubah lebar sel

7. Kira juga bisa melakukan operasi perhitungan dengan cara :
    Klik Layout, Data, Formula
(klik gambar untuk memperbesar)

  Berikut rumus -  rumus formula :
  • SUM: Untuk menjumlahkan data.
  • AVERAGE: Untuk menghitung nilai rata-rata.
  • COUNT: Menghitung jumlah data.
  • MIN: Untuk mencari nilai terkecil.
  • MAX: Untuk mencari nilai terbesar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar